Thursday 29 December 2016

Membuat Flashdisk Bootable

Bootable flashdisk- bootable merupakan cara untuk membuat
suatu media penyimpanan baik itu CD ataupun disk menjadi media
installer suatu OS, utility antivirus atau aplikasi yang lainnya.
Bootable flashdisk sangat bermanfaat karena memudahkan kita sebagai 
teknisi komputer dalam melakukan install OS pada laptop/netbook yang tidak memiliki CD-ROM internal
sebenarnya untuk men-bootbale flashdisk bisa dua cara yaitu : tanpa aplikasi dan pakai aplikasi
untuk post kali ini saya akan share cara dengan aplikasi(saya menggunakan YUMI). berikut cara nya

1.Download dan install aplikasi YUMI di laptop agan. Bisa di download di sini

                     https://www.pendrivelinux.com/yumi-multiboot-usb-creator/

cara installnya hanya dengan double klik file yang di download tadi.


2. Lalu pilih "I Agree" untuk melanjutkan prosesnya

3. Pilih disk yang akan agan jadi kan sebagai installer. saya menggunakan disk "H:\ONDRI". ini tergantung dari agan.



4. setelah itu akan ada 2 pilihan yaitu



   "View or Remove Installed Distro" berfungsi untuk menghapus distro/ OS yang pernah di install melalui flashdisk tersebut. sedangkan "Erase Content" untuk menghapus/ memformat isi data dari flashdisk tsb. saya akan memilih "Erase Content" pastikan data flashdisk telah anda backup terlebih dahulu

5.Lalu pilih distro/ jenis OS yang akan di isntall. Saya akan menginstall Ubuntu






6. Lalu Browse dimana agan meletakkan file ISO distro/ OS tersebut





7. Klik "Create" lalu Klik "Yes"

8.maka proses akan berjalan seperti di bawah ini



jika proses selesai tinggal klik "next" dan "finish".

Setelah proses selesai, keluarkan flashdisk lalu restart laptop/netbook anda untuk memulai install . Jangan lupa untuk mengatur pengaturan BOOT di BIOS laptop/ netbook agan.

Sekianlah yang dapat ane sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon kritik dan saran jika ada kesalahan karena ane masih belajar









Previous Post
Next Post

0 comments: